Memahami Anak Indigo
Ilustrasi anak-anak. Source: Traveliburan/April Sasanti

Memahami Anak Indigo

Seringkali kita mendengar isilah anak indigo yang disamakan dengan anak cenayang, atau anak yang bisa melihat hal gaib atau bahkan anak yang bisa meramal sesuatu yang akan terjadi di masa datang. Sebenarnya siapa yang disebut dengan anak indigo? Tulisan berikut merupakan pengenalan untuk memahami anak indigo.

Siapakah anak indigo itu?

Istilah indigo pertama kali dikenalkan oleh seorang metafisika yang juga psikolog, Nancy Ann Tape pada pertengahan tahun 1970-an. Istilah itu merujuk pada perpaduan warna aura antara nila dan biru tua yang dimiliki anak, dengan ketajaman indra keenam.

Anak indigo merupakan anak berkebutuhan khusus yang memiliki instuisi yang tajam dan bisa melihat sesuatu yang akan terjadi. Mereka terlahir dengan kemampuan yang bersifat spiritual dan memiliki kecerdasan yang tinggi.

Ciri-ciri anak indigo

Ada beberapa ciri khas yang dimiliki oleh anak indigo. Barbara Condron dalam bukunya How To Raise An Indigo Child menyebutkan ciri-ciri anak indigo yakni mereka kreatif dan cerdas. Anak indigo juga memiliki kemampuan tajam untuk mengamati dengan daya ingat yang sangat baik. Mereka lebih menyukai cara sendiri dalam mempelajari sesuatu, menggabungkan berbagai jenis informasi dengan cara yang inovatif serta kreatif.

Untuk memusatkan perhatiannya, anak indigo harus tertarik pada sesuatu dan bila sudah tertarik maka ia akan memiliki energi yang tiada batas. Mereka memiliki keinginan mengalami langsung suatu kejadian atau hal dan bukan sekadar membicarakan. Anak indigo juga dikenal memiliki rasa harga diri dan integritas yang kuat serta sangat peka. Energi yang berlebihan menyebabkan perhatian mereka cepat teralih dan mudah merasa bosan.

Beberapa anak indigo memiliki gelombang otak yang tak lazim dimiliki manusia pada umumnya, yakni gelombang lambda. Jika pada orang pada umumnya gelombang ini rata-rata bergerak pada frekuensi 100-200 Hz, pada anak indigo gelombang lamda memiliki frekuensi di atas 200 Hz. Dengan frekuensi tersebut memungkinkan anak indigo bersinggungan dengan dunia supranatural dan metafisika.

Ilustrasi anak-anak. Source: Traveliburan/ April Sasanti

Mendidik anak indigo

Anak indigo termasuk dalam anak berkebutuhan khusus yang memerlukan penanganan khusus. Lantas, bagaimana sebaiknya orangtua dalam mendidik anak-anak dengan kemampuan indigo?

Hal pertama dan terpenting yang bisa dilakukan orangtua anak indigo adalah menerima keadaan anak seutuhnya. Orangtua juga bisa melibatkan anak indigo pada berbagai kegiatan kerjasama kelompok untuk menyeimbangkan kerja IQ anak indigo yang tinggi dengan hubungan sosial bersama lingkungan. Keterlibatan kerjasama dalam kelompok akan membuat mereka berusaha beradaptasi dengan lingkungannya.

Salah satu ciri anak indigo adalah mudah merasa bosan. Oleh karena itu, orangtua sebaiknya mengarahkan bakat dan minat anak ke arah positif. Penting sekali untuk mengajarkan konsistensi pada anak indigo supaya mereka dapat menekuni bidang yang mereka sukai secara konsisten.

Sama halnya dengan anak-anak normal dan anak berkebutuhan khusus lainnya, anak indigo pun memiliki potensi dan kesempatan yang sama dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengenal dan memahami anak indigo akan membuat kita mengetahui cara terbaik mengembangkan potensi dan pola didik yang tepat untuk mereka.

(Apriliana Sasanti)

Referensi:

https://www.usd.ac.id/pusat/psibk

https://lifestyle.kompas.com

https://autismecare.wordpress.com

Tinggalkan Balasan