Bertha McCharty

Penyanyi dan pengajar vokal

Etta Herawati atau dikenal dengan Kak Bertha adalah seorang penyanyi dan pengajar vokal kebanggaan Indonesia. Namanya populer saat ia mulai sering menjadi juri dalam berbagai kontes menyanyi di televisi.

Kak Bertha juga dikenal sebagai seorang guru vokal yang handal. Sifatnya yang tegas dan disiplin membuatnya menjadi langganan guru vokal bagi sejumlah selebriti, pejabat, dan tokoh publik di tanah air.

Saban harinya, selain mengurus keluarganya, Kak Bertha juga membuat arrangement lagu, membaca, menulis, membatik dan tentu saja melatih olah vokal di sekolah vokalnya Talenta Svara Bertha.

 

Sapto Hastoko

Dosen musik dan musisi

Juri bernama lengkap Sapto Hastoko atau yang akrab disapa Koko Harsoe ini adalah seorang komposer sekaligus produser musik kelas dunia. Koko Harsoe juga pernah menjabat dosen musik di Institut Seni Denpasar.

Berbagai konser, utamanya konser jazz, telah dilakoni pria yang kini bermukim di Bali ini. Tengok saja sejumlah konser jazz yang dia bermain di dalamnya seperti Ubud village jazz Festival, Java Jazz Festival, Jazz in Bromo, NyayogJazz, Singapore Jazz Fest, dan masih banyak lagi.

Koko Harsoe menamatkan gelar Master Seni di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar setelah sebelumnya belajar Musikologi di ISI Yogyakarta pada 1995. Dia juga mengembangkan kompetensi musiknya dari berbagai komposer kelas dunia seperti Martin Key (komposer Inggris), Dick Fischer (komposer Belanda), Dieter Max (komposer modern dan musikologi dari Jerman), Philip Corner (komposer modern dari Amerika), dan masih banyak komposer kelas dunia lainnya.

 

Suhendra

Penyanyi, pencipta lagu, dan teman difabel

Keterbatasan fisik tidak menjadi penghalang bagi juri satu ini untuk berprestasi. Buktinya, Kak Suhendra telah menyabet berbagai gelar di sejumlah kontes musik tingkat regional maupun nasional.

Selain sebagai penyanyi, Kak Suhendra juga menciptakan karya lagu seperti: “Corona Mendunia”, “Bangsawan dan Blangsakan”, “Bhineka Tunggal Ika”, “Penyandang Disabilitas,” dan lain sebagainya.

Juri asal Pangkalpinang ini juga mahir memainkan gitar dan pernah menjadi penyiar radio di Radio Jess Pangkalpinang. Saat ini, salah satu kegiatannya adalah menjadi pembimbing olah vokal di BRSPDSN Tan Miyat, Bekasi.